Sukses

LSM Salurkan Sendiri Bantuan

Inisiatif menyalurkan sendiri bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumbar, menjadi pilihan yang diambil beberapa LSM.

Liputan6.com, Kepulauan Mentawai: Inisiatif menyalurkan sendiri bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, menjadi pilihan yang diambil beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM). Mereka memberi bantuan berdasarkan data yang mereka kumpulkan sendiri. "Tapi tetap koordinasi dengan posko-posko yang ada," kata Soni Sandra, koordinator lapangan LSM, Kamis (11/11).

Bantuan bagi korban hingga kini terus mengalir. Kemarin KRI Hading merapat di dermaga Sikakap membawa puluhan ton bantuan termasuk dari Ibu Negara bagi keperluan wanita.

Jika ini berlanjut, dapat dipastikan korban yang mudah dijangkau alat transportasi akan memperoleh bantuan melimpah. Sedangkan mereka yang lokasinya jauh, harus puas dan bertahan dengan kondisi serba kekurangan.

Penyaluran bantuan memang menemui banyak kendala. Kondisi ini membuat bantuan bahkan bertumpuk di Sikakap. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai membiarkan bantuan menumpuk di pelabuhan, gudang, dan beberapa kantor pemerintahan. Hingga tahap dua masa tanggap darurat, koordinasi penyaluran bantuan makin tak jelas.

Tak cuma itu. Pemkab Kepulauan Mentawai juga enggan berkordinasi dengan lembaga swadaya masyarakat dan relawan yang banyak datang ke Sikakap. Frustrasi, banyak dari relawan yang memilih hengkang dan kembali ke Padang, Sumbar.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini