Sukses

Pengungsi Kulon Progo Berangsur Pulang

Sejumlah pengungsi asal kabupaten Magelang yang sudah sepekan tinggal di barak pengungsian di Kulon Progo berangsur kembali dan membersihkan rumah masing-masing.

Liputan6.com, Kulon Progo: Sejumlah pengungsi asal kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang sudah sepekan tinggal di barak pengungsian di Kabupaten Kulon Progo pada Kamis (11/11) berangsur kembali dan membersihkan rumah masing-masing. "Mereka sudah mulai berangsur pulang, tapi sebagian masih bertahan di barak pengungsian," ujar Camat Kalibawang, Magelang, Roehady Goenoeng.

Mereka yang kembali sebagian besar memang tinggal di kawasan aman dari bencana Gunung Merapi. Jarak tempat tinggal dari puncak Merapi lebih dari 20 kilometer. "Tempat tinggal mereka berada di ring tiga, jadi ancamannya sebatas lahar dingin. Dan itu mungkin dirata-rata lebih dari 20 km jaraknya," katanya.

Berdasarkan laporan, kata dia, ada sekitar 1.580 pengungsi yang memutuskan untuk pulang ke rumah. Sementara, pengungsi yang masih bertahan di barak pengungsian tinggal 2.183 orang. Pengungsi yang masih bertahan di barak pengungsian adalah pengungsi yang rumah tinggalnya sudah rusak karena tersapu awan panas. Dan rata-rata berada di kawasan ring satu dan ring dua.

Sekarang, lanjut dia, jumlah pengungsi di Posko Banjararum, Kecamatan Kalibawang mencapai 666 orang, Posko Banjarharjo mencapai 1.117 orang, dan di kantor kecamatan serta Banjarasri masing-masing sekitar 200-an orang. Hal senada juga diungkapkan Camat Sentolo Rudy Widyatmoko, bahwa pengungsi di Kecamatan Sentolo juga sudah berngsur pulang.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini