Sukses

Warga Tumpuk Karung Pasir di Bantaran Sungai

Untuk mencegah meluapnya air dan banjir lahar dingin, warga yang tinggal di sepanjang Sungai Code, DI Yogyakarta, meninggikan talud atau penyangga yang membatasi sungai dengan pemukiman warga, Senin (7/11).

Liputan6.com, Yogyakarta: Untuk mencegah meluapnya air dan banjir lahar dingin, warga yang tinggal di sepanjang Kali Code, DI Yogyakarta, meninggikan talud atau penyangga yang membatasi sungai dengan pemukiman warga, Senin (7/11).

Semua warga bergotong royong mengisi karung dengan pasir untuk menahan lahar dingin. Karung tersebut disusun bertumpuk teratur di sepanjang bantaran sungai yang melewati tujuh kecamatan itu.

Tindakan ini sebagai antisipasi menyusul terus mendangkalnya Sungai Code akibat material Gunung Merapi yang hanyut terbawa air. Warga khawatir bila hujan turun air akan masuk ke rumah mereka.

Sementara, warga Desa Selomartani, Kalasan, yang berada di pinggir Kali Kuning, melakukan pengerukan akibat penumpukan material dan sampah kayu hingga menutupi separuh mulut jembatan. Pengerukan harus dilakukan menggunakan alat berat karena material yang bercampur.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini