Sukses

Dilanda Hujan Abu, Purworejo Gelap Gulita

Meski jaraknya sekitar enam puluh kilometer dari puncak Merapi, terjangan hujan abu dan pasir membuat Kota Purworejo gelap gulita.

Liputan6.com, Purworejo: Merapi tak henti-hentinya meletus. Selain mengancam warga di sekitar lereng gunung, semburan material vulkanik juga mengakibatkan sejumlah kota di sekitar Gunung Merapi, diterjang hujan abu dan pasir, Jumat (5/11).

Kondisi terparah terjadi di Kota Purworejo, Jawa Tengah. Guyuran hujan abu sejak dua hari terakhir membuat langit gelap gulita. Padahal jarak kota dengan puncak Merapi sekitar enam puluh kilometer.

Sekolah diliburkan dan sejumlah warga bahkan harus menggunakan masker dan payung saat beraktivitas. Pengguna jalan pun terpaksa menyalakan lampu karena jarak pandang yang hanya sekitar tujuh meter. Dahsyatnya terjangan abu vulkanik juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan melumpuhkan lalu lintas kota ini.(CHR/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.