Sukses

Belum Diketahui Letusan Merapi Akan Berakhir

Setidaknya ratusan ribu meter kubik material vulkanik dan magma sudah dikeluarkan dari kawah Gunung Merapi, namun belum diketahui secara pasti letusan akan berakhir.

Liputan6.com, Sleman: Setidaknya ratusan ribu meter kubik material vulkanik dan magma sudah dikeluarkan dari kawah Gunung Merapi. Kendati demikian, belum dapat diprediksi letusan itu akan berakhir. Demikian diungkapkan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Sukhyar di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (5/11).

Sukhyar menjelaskan, letusan yang semakin kuat selama dua hari terakhir ini mengakibatkan kerusakan yang cukup hebat di beberapa tempat. Bahkan, daerah sekitar kawasan Merapi gelap tertutup awan yang mengandung debu vulkanik.

Berdasarkan catatan Badan Geologi Kementerian ESDM, letusan Merapi tercatat sebagai letusan yang dahsyat selama 30 tahun terakhir. Terutama, setelah Gunung Galunggung meletus pada 1982 silam.(ADI/ANS)   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.