Sukses

Pemerintah Beli Ternak Korban Merapi

Pemerintah akan membeli seluruh sapi dan hewan ternak milik warga korban letusan Gunung Merapi dengan harga yang pantas.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah akan membeli seluruh sapi dan hewan ternak milik warga korban letusan Gunung Merapi dengan harga yang pantas. "Pembelian ternak sapi dilakukan agar warga tidak terbebani untuk melaksanakan instruksi pemerintah mengungsi ke tempat yang aman," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Jum'at (5/11).

Dalam pidato khususnya setelah letusan Gunung Merapi tadi malam hingga dini hari tadi yang kembali menelan korban dalam jumlah besar, Presiden mengatakan, pembelian sapi akan dikoordinasikan oleh Menko Kesra, Gubernur DIY dan Jateng, serta seluruh Bupati di wilayah bencana.

Jumlah korban tewas letusan Gunung Merapi hingga Jum'at dinihari tadi, sudah mencapai 58 orang tewas, dan puluhan lainnya belum ditemukan. Banyaknya korban disebabkan warga memaksa kembali ke rumahnya di wilayah rawan bencana karena ingin mengurus ternaknya yang selama ini menjadi penopang hidupnya.

Lebih lanjut Presiden mengatakan, mulai sore ini dirinya akan berangkat ke Yogyakarta dan berkantor di Gedung Negara untuk mempercepat pengambilan keputusan dalam menghadapi bencana Gunung Merapi. Dalam kesempatan tersebut SBY juga mengajak masyarakat untuk berdoa dan memberi bantuan bagi para korban bencana.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.