Sukses

Semeru Terus Dipantau

Aktivitas Gunung Semeru di Lumajang, Jatim, meningkat. Pos pemantau gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terus berkoordinasi dengan Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung untuk menentukan status Semeru dari waspada menjadi siaga.

Liputan6.com, Lumajang: Aktivitas Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, dari pantauan pos pemantau setempat, Kamis (4/11), terus meningkat. Karena itu, pos pemantau gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut berkoordinasi dengan Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung, Jawa Barat, untuk menentukan
status Semeru dari waspada menjadi siaga.

Pengamatan intensif dilakukan pascaterjadinya awan panas pada Kamis (4/11) pagi.  Kendati begitu, petugas belum berani menaikkan status menjadi siaga karena masih berkoordinasi dengan BVMBG Bandung.

Gunung Semeru juga telah memuntahkan awan panas. Namun, petugas pos pemantau gunung di Sawur, Desa Sumberwuluh, Lumajang, menyatakan luncuran awan panas masih belum membahayakan karena jarak pusat guguran awan panas jauh dari permukiman warga. (BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini