Sukses

Korban Tsunami Mentawai Butuh Pemulihan Sosial

Para korban tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, membutuhkan pemulihan sosial agar kehidupan mereka kembali normal.

Liputan6.com, Mukomuko: Kepala Devisi Penanggulangan Bencana Markas Palang Merah Indonesia Jailani mengatakan, korban tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, membutuhkan pemulihan sosial agar kehidupan mereka kembali normal. "Pascatsunami Palang Merah Indonesia (PMI) pusat akan mengirimkan empat pakar sosial, untuk memulihkan kehidupan sosial mereka agar aktivitasnya kembali normal," kata Jailani di Mukomuko, Bengkulu, Kamis (4/11).

Ia menjelaskan empat pakar dalam waktu dekat akan berangkat dari Bengkulu menuju bandar udara di Kabupaten Mukomuko. Selanjutnya, mereka mengunakan helikopter milik PMI menuju Sikakap, Mentawai. "Selama ini yang menjadi kendala memberangkatkan beberapa tenaga dari PMI adalah faktor cuaca sehingga selalu terjadi penundaan," ujarnya.

Jailani berharap cuaca dalam beberapa hari ini mendukung dalam memberangkatkan pakar tersebut. Karena pakar sosial sangat dibutuhkan secepatnya untuk menghilangkan trauma bagi para korban.

Ia menerangkan tugas para pakar sosial di Mentawai nanti, yakni mengembalikan aktivitas warga seperti semula seperti kegiatan pengajian atau mengajak anak-anak untuk bermain agar hilang dari trauma.(IDS/ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini