Sukses

Spanduk-spanduk Dibersihkan

Puluhan spanduk dan umbul-umbul yang memenuhi barak pengungsian Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, sudah dibersihkan. Gubernur DI Yogyakarta memerintahkan spanduk itu diganti dengan bendera merah-putih.

Liputan6.com, Sleman: Puluhan spanduk dan umbul-umbul yang memenuhi barak pengungsian Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, sudah tak tampak lagi, Selasa (2/11) petang. Pembersihan spanduk oleh Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) tersebut berdasarkan instruksi Gubernur DI Yogyakarta yang melarang pemasangan spanduk-spanduk liar dan menggantikannya dengan bendera merah putih. Hal ini diduga terkait kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Yogyakarta.

Sebelumnya, dalam sepekan terakhir, kawasan pengungsian dan jalan-jalan sekitar dipenuhi umbul-umbul dan spanduk baik dari perusahaan, partai politik, instansi pemerintah, hingga lembaga swadaya masyarakat. Kondisi ini membuat barak pengungsian seperti bazar atau pasar malam. Menjamurnya bendera serta tenda bantuan membuat jalan di depan Posko Hargobinangun selalu padat. Kondisi ini semakin parah bila ada pejabat yang datang meninjau pengungsian yang paling mudah dijangkau tersebut.

Gunung Merapi mulai terlihat tenang setelah diguyur hujan, Selasa petang. Peningkatan aktivitas Merapi yang terjadi sejak kemarin malam hingga pagi tadi cukup signifikan dan statusnya masih berada pada tingkat awas, yakni level empat.(MRQ/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.