Sukses

Merapi Terlihat Tenang Petang Ini

Walau Gunung Merapi terlihat tenang, masyarakat tetap diminta waspada. Apalagi puncak Merapi tertutup kabut. Bukan tak mungkin muncul lahar dingin sewaktu-waktu.

Liputan6.com, Sleman: Kondisi Gunung Merapi terlihat tenang pada Senin (1/11) petang. Tak terlihat awan panas. Kondisi ini berbeda dengan situasi yang terjadi pada pagi hari.

Kendati begitu, masyarakat tetap diminta waspada. Sebab, puncak Merapi tak terlihat karena diselimuti kabut tebal. Ini bisa membahayakan keselamatan warga karena sewaktu-waktu bisa muncul lahar dingin ke arah Kali Gendol.

Sejak pukul 15.30 WIB, sudah tak lagi terjadi gempa guguran. Posko mencatat, sepanjang hari ini, ada tujuh kali semburan awan panas dan satu kali gempa berkekuatan rendah.

Sedangkan kondisi pengungsi di barak pengungsian mulai lemah. Sebagian menderita penyakit ringan, seperti pusing, gatal-gatal, dan sakit mata. Setiap hari, setidaknya ada 500 pengungsi yang berobat. Bagi mereka yang memiliki penyakit serius, pengungsi tersebut akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini