Sukses

Distribusi Bantuan Tidak Merata, Warga Protes

Akibat penyaluran distribusi bantuan tidak merata, para pengungsi di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, protes.

Liputan6.com, Mentawai: Distribusi bantuan kemanusiaan yang tidak merata terjadi di sejumlah wilayah di Kepulauan Mentawai yang tersapu tsunami. Saat ini warga di pulau-pulau yang rusak karena tsunami terancam kelaparan karena menipisnya bantuan makanan dan obat-obatan.

Para korban tsunami menuding pemerintah daerah setempat lamban menangani masalah distribusi bantuan yang menumpuk di Pulau Sikakap. Mereka juga memprotes penyebaran relawan kemanusiaan lokal maupun asing yang tidak merata.

Saat ini Kepulauan Sipora hanya bisa mengandalkan bantuan yang didistribusikan lewat Pulau Sikakap, Mentawai. Untuk tanggap darurat, Pemda Kepulauan Mentawai telah menetapkan alokasi dana sebesar Rp 1 miliar. Namun hingga kini, upaya pembersihan infrastruktur dari reruntuhan gempa, evakuasi jenazah hingga bantuan darurat makanan dan kemanusiaaan masih terhambat.(CHR/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.