Sukses

Cuaca Ekstrem, Tim Medis Belum Berangkat

Cuaca buruk masih menjadi kendala utama penyaluran bantuan dan pemberangkatan tim medis untuk menolong korban tsunami di Mentawai, Sumbar. Tim medis belum berangkat sehingga pendistribusian terpaksa ditunda sambil menunggu cuaca lebih bersahabat.

Liputan6.com, Padang: Cuaca buruk masih menjadi kendala utama penyaluran bantuan dan pemberangkatan tim medis untuk menolong korban tsunami di Mentawai, Sumatra Barat. Tim medis yang menunggu sejak Ahad (31/10) pagi di pangkalan udara Minangkabau, Padang, terpaksa tidak jadi berangkat ke Mentawai. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang gagal berangkat selama beberapa hari. Cuaca yang tidak menentu membuat tim medis tambahan harus sabar menanti giliran terbang.

Penerbangan selama ini diandalkan untuk mengangkut tim medis dengan cepat dengan waktu tempuh sekitar satu hingga satu setengah jam. Adapun jalur laut membutuhkan waktu setidaknya lima jam sampai delapan jam. Namun akibat cuaca buruk menyulitkan transportasi udara.

Tidak hanya tim medis yang gagal terbang, bantuan makanan dan minuman juga tidak bisa langsung terangkut helikopter akibat cuaca ekstrem. Padahal distribusi bantuan lewat udara sangat dibutuhkan untuk menembus daerah yang terpencil dan sukar dijangkau melalui jalur darat dan laut.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini