Sukses

Aktivitas Gunung Papandayan Terpantau Aman

Aktivitas Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jabar, terpantau aman. Meski demikian, aktivitas gunung tersebut masih fluktuatif karena masih terjadi sejumlah gempa.

Liputan6.com, Garut: Aktivitas Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, hingga Ahad (31/10) petang, terpantau normal. Meski demikian, status Papadayan masih dinyatakan waspada.

Menurut Krisno, petugas pemantau Gunung Papandayan, tercatat ada kenaikan suhu pada salah satu kawah, yaitu kawah emas yang mencapai 309 derajat celcius. Sebelumnya, suhu pada kawah tersebut tercatat 306 derajat celcius. Selain itu, data seismograf hingga petang tadi turut mencatat terjadi enam kali gempa tektonik jauh, tiga kali vulkanik a, dan 21 kali vulkanik b.

Namun menurut Krisno, kalau kondisi ini masih aman. Warga sekitar juga masih terlihat beraktivitas. Meski dinyatakan aman, warga serta pengunjung diminta tidak mendekati sekitar kawah mengingat kawah-kawah tersebut tak mempunyai pagar pengaman.

Sementara itu, beberapa pengunjung mengaku tak terlalu terpengaruh dengan kondisi Gunung Papandayan saat ini. Aktivitas kemping masih terlihat di kawasan gunung tersebut. Namun, mereka berharap pihak terkait dapat memasang pagar-pagar pengaman di bibir kawah-kawah di gunung.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.