Sukses

Abu Merapi Rusak Candi Borobudur

Abu Vulkanik yang dihasilkan aktivitas Gunung Merapi mengganggu aktivitas wisata di Candi Borobudur. Tak hanya itu derajat keasaman abu vulkanik ini juga dikhawatirkan dapat merusak Candi Borobudur.

Liputan6.com, Magelang: Abu Vulkanik yang dihasilkan aktivitas Gunung Merapi mengganggu aktivitas wisata di Candi Borobudur. Tak hanya itu derajat keasaman abu vulkanik ini juga dikhawatirkan dapat merusak Candi Borobudur.

Menurut Kepala Balai Konservasi Candi Borobudur Marsis Sutopo, pihak pengelola segera menutup kawasan atas candi untuk segera dilakukan pembersihan."Jika tidak langsung dibersihkan dikhawatirkan abu vulkanik ini dapat merusak pori-pori batu di candi," ujarnya.

Para petugas secara terus menuerus membersihkan candi dengan cara menyiram dan menyapu di seluruh bangunan Candi Borobudur yang terkena abu vulkanik. Abu vulkanik juga membuat kunjungan wisatawan ke Borobudur menurun. Pihak pengelola menutup Candi Borobudur  dari kunjungan turis. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.