Sukses

TNI AL Terjunkan Bantuan Melalui Udara

atusan dus bantuan makanan instan dan bahan makanan lainnya diterjunkan melalui udara dengan menggunakan pesawat Casa milik TNI-AL untuk korban gempa dan tsunami Mentawai .

Liputan6.com, Padang:  Ratusan dus bantuan makanan instan dan bahan makanan lainnya diterjunkan melalui udara dengan menggunakan pesawat Casa milik TNI-AL untuk korban  gempa dan tsunami Mentawai .Demikian diungkapkan Laksamana Pertama Aswad, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat , Jumat (29/10).

Aswad menjelaskan sedikitnya 512 dus mie instan dan 59 kaleng biskuit dikirim ke dua belas titik di wilayah Pulau Pagai Selatan, kemarin. Ia menambahkan bantuan sebanyak 700 kilogram bahan makanan juga akan dikirimkan ke wilayah tersebut. TNI-AL juga mengerahkan KRI Teluk Menado direncanakan berlabuh di Pulau Pagai Selatan, Jumat (29/10) siang dengan membawa tim dan peralatan medis serta bahan makanan.

Ketika ditanya soal pengiriman bantuan yang diterjunkan langsung dari udara tanpa parasut yang bisa mengakibatkan kerusakan, Laksamana Pertama Aswad mengeluhkan kurangnya peralatan yang kurang memadai termasuk helikopter pengangkut yang kini sudah berusia uzur. "Memang bila terbentur batu, beberapa bantuan bisa mengalami kerusakan. Namun alat transportasi helikopter memakan waktu lebih lama ketimbang pesawat" ujar Aswad. Sejumlah bantuan makanan juga akan dikirimkan Mabes TNI melalui pangkalan utama TNI-AL di Tanjung Priok, Jakarta. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.