Sukses

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas

Gunung Merapi kembali mengeluarkan awas panas pada pukul 18:13 WIB petang tadi, Kamis (28/10). Hembusan awan panas atau wedus gembl yang menjulang tinggi bergerak ke arah selatan, hingga berjarak sekitar tiga kilometer.

Liputan6.com, Sleman: Gunung Merapi kembali mengeluarkan awas panas pada pukul 18:13 WIB petang tadi, Kamis (28/10). Hembusan awan panas atau wedus gembl yang menjulang tinggi bergerak ke arah selatan, hingga berjarak sekitar tiga kilometer. Warga diminta tetap menjauhi puncak Merapi minimal dalam jarak 10 kilometer, sebagai batas aman.

Menurut Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, warga yang saat ini masih tinggal di pengungsian untuk tetap bersabar dan tidak kembali ke rumahnya masing-masing. "Gunung Merapi masih dalam status awas, hindari kegiatan dalam jarak sepuluh kilometer, dan kegiatan di alur sungai," katanya.

Letusan atau erupsi Gunung Merapi berdasarkan cacatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana terjadi hampir setiap empat tahun sekali. Erupsi kali ini merupakan yang terbesar sejak tahun 1990-an. Letusan dan erupsi gunung berapi yang paling aktif di dunia ini membuat kawasan di sekitar Merapi daerah yang subur.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini