Sukses

Tsunami Hancurkan Dua Dusun di Mentawai

Dua dusun di Mentawai, Sumatra Barat, tersapu gelombang tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Mentawai: Dua dusun di Mentawai, Sumatra Barat, tersapu gelombang tsunami, Senin (25/10) lalu. Kedua dusun itu adalah Dusun Beliro di Desa Sipora Selatan dan Dusun Gobi di Desa Bosua, Mentawai.

Di Dusun Beliro, tsunami menewaskan 13 warga dan seorang lainnya hilang terseret air. Selain itu, 600 warga masih berada di lokasi pengungsian.

Ratusan rumah musnah dan hanya beberapa rumah yang masih berdiri. Lokasi yang sulit dicapai membuat bantuan tak bisa segera datang. Dari satu lokasi bencana ke lainnya hanya bisa ditempuh melalui laut.

Dusun Gobi di Desa Bosua termasuk lokasi terparah di Sipora Selatan. Seluruh bangunan di dusun itu luluh lantak tak ada yang tersisa.

Kerusakan parah juga terjadi di Kecamatan Pagai Utara dan Pagai Selatan, yang hingga kini masih sulit ditembus. Di pesisir Kecamatan Sikakap nyaris tidak ada bangunan yang tersisa. Semua bangunan musnah diguncang gempa dan diterjang gelombang tsunami.

Mentawai yang indah, kini menjadi dataran luas dan kumpulan mayat.(IDS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.