Sukses

Mahasiswa, Seniman, dan Wartawan, Galang Dana

Bencana di Mentawai, Sumbar, dan letusan Gunung Merapi di Jateng, direspon berbagai kalangan masyarakat di Tanah Air. Mulai dari kalangan mahasiswa, seniman, hingga wartawan menggelar aksi penggalangan dana untuk korban bencana.

Liputan6.com, Madura: Demi meringankan beban saudara-saudara yang terkena bencana di Mentawai, Sumatra Barat ,dan letusan Gunung Merapi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mahasiswa yang tergabung dalam Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bangkalan, Madura, Rabu (27/10) menggelar aksi turun ke jalan. Aksi yang digelar bukanlah demo, tapi menggalang dana untuk dikirim ke dua daerahtersebut.

Dengan berbekal kardus bertuliskan dana untuk Mentawai dan Merapi, para mahasiswa menyapa setiap pengendara yang melintas di sekitar lampu merah. Penggalangan dana untuk korban bencana alam itu disambut baik para pengguna jalan. Banyak dari mereka yang memasukkan sejumlah uang ke dalam kardus yang dibawa anggota PMI Bangkalan.

Menurut rencana, dana sudah terkumpul itu akan dikirimkan ke daerah yang terkena bencana melalui PMI Pusat di Jakarta.

Aksi solidaritas untuk korban bencana di Tanah Air juga ditunjukkan kalangan seniman asal Jawa Tengah yang bermukim di Sumedang, Jawa Barat. Mereka mengumpulkan sumbangan dengan mengamen berkeliling kota. Bantuan tersebut akan disumbangkan kepada korban letusan Gunung Merapi.

Selain di Sumedang, para seniman itu berencana menggelar aksi serupa di Majalengka dan Cirebon. Rencananya uang yang terkumpul akan dibawa langsung ke tempat para pengungsi di Yogyakarta.

Tak ketinggalan, wartawan cetak maupun elektronik di Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, juga menggelar aksi spontanitas menggalang dana untuk korban letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah dan tsunami di Mentawai, Sumbar. Aksi ini sekaligus bentuk solidaritas terhadap rekan seprofesi mereka, yakni wartawan VIVAnews.com yang turut terkena awan panas Merapi.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini