Sukses

Sultan: Mbah Maridjan Sosok Bertanggung Jawab

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, Mbah Maridjan, korban tewas akibat bencana erupsi Gunung Merapi pada Selasa (26/10), merupakan sosok yang baik dan sangat bertanggung jawab.

Liputan6.com, Yogyakarta: Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, Mbah Maridjan, korban tewas akibat bencana erupsi Gunung Merapi pada Selasa (26/10), merupakan sosok yang baik dan sangat bertanggung jawab. "Saya merasa kehilangan juru kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan. Saya berbelasungkawa atas musibah tersebut," katanya di Posko Utama Penanggulangan Bencana Merapi di Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (27/10).

Meskipun telah dianggap memiliki jasa besar atas pengabdiannya sebagai juru kunci Gunung Merapi, menurut dia, keraton tidak memberikan gelar kehormatan kepada almarhum Mbah Maridjan. "Pemberian gelar kehormatan tidak bisa dilakukan, karena keraton tidak mengenal hal itu. Keraton bukan pemerintah," kata Sultan yang juga Gubernur DIY.

Ia mengatakan, saat ini belum memikirkan untuk mencari pengganti Mbah Maridjan sebagai juru kunci. Pihaknya masih menunggu sampai situasi menjadi normal kembali. "Jadi, saya belum memikirkan pengganti Mbah Maridjan. Saya akan menunggu sampai suasana norma," katanya.

Sultan mengimbau dan mengingatkan warga untuk dapat mematuhi apa yang diinstruksikan pemerintah demi keamanan bersama. "Saya mohon masyarakat memahami dalam situasi yang tidak pasti seperti ini jika disuruh turun ya segera turun, karena gunung meletus itu bisa diprediksi, misalnya mulai dari siaga hingga awas, dan mestinya bisa diantisipasi," katanya.

Sultan juga mengatakan, pasca meletusnya Gunung Merapi, tidak ada tanggap darurat ataupun penanganan khusus. "Tidak tanggap darurat dan tidak ada penanganan khusus," katanya. Menurut rencana jenazah Mbah Maridjan akan dimakamkan pada Kamis (28/10) besok, di pemakaman di Sidorejo, Umbulharjo, Cangkringan, pada pukul 10.00 WIB besok. Saat ini jenazah Mbah Maridjan masih berada di RS Dr Sardjito. Keluarga Mbah Maridjan yang sebelumnya ikut menyalatkan telah pulang.(Ant/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.