Sukses

Anak-anak dan Lanjut Usia Diungsikan

Prioritas warga yang diungsikan adalah anak-anak dan lanjut usia. Mbak Maridjan masih bertahan dan belum mau mengungsi.

Liputan6.com, Sleman: Warga sekitar lereng Gunung Merapi di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, mulai diungsikan, Senin (25/10). Pengungsian terkait status Merapi yang berubah menjadi Awas.

Warga Dusun Kinahrejo, yang berjarak enam kilometer dari puncak Merapi, diungsikan petugas Taganan Sleman. Menurut Kepala Desa Umbulharjo Bedjo Mulyo, mereka yang diungsikan adalah para lanjut usia dan anak-anak.

Sementara itu, sang juru kunci Gunung Merapi Ki Surakso Hargo atau Mbah Maridjan masih tetap berada di rumahnya di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Menurut Bedjo Mulyo, Mbah Maridjan memilih berada di rumah untuk berdoa.

Keengganan Mbah Maridjan mengungsi membuat sejumlah warga meyakini kondisi masih aman. Sehingga beberapa jam setelah status Awas diumumkan, mereka masih melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mencari kayu bakar dan mencari rumput untuk pakan ternak.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.