Sukses

Liburan Sekolah, Asyiknya Ikut Sunatan Massal

Jika para siswa sekolah umumnya berlibur ke tempat-tempat wisata bersama keluarga di akhir pekan. Ratusan anak miskin di Polewali Mandar, Sulawesi Barat justru antre sunatan massal.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Libur sekolah di akhir pekan, identik dengan mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga. Namun berbeda halnya yang terjadi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dari pantauan SCTV, Ahad (24/10), ratusan anak miskin di sana mengantre sunatan massal. Pasalnya, acara sunatan massal itu digelar gratis oleh petugas Puskesmas Lampa, Polewali Mandar.
 
Ratusan anak kemudian mendaftarkan diri ke panitia. Sebelumnya, mereka sudah menjalani proses ritual dan tradisi di keluarganya masing-masing. Dengan berbekal sarung dan peci, para anak-anak itu menunggu giliran disunat. Ekspresi wajah mereka lucu-lucu sekali, ada yang tenang, mengantuk, dan ada yang terlihat cemas.
 
Kegiatan bakti sosial tersebut baru dimulai sekitar pukul 09.00 WITA, namun sebagian warga sudah memenuhi Puskesmas Lampa sejak pukul 07.00 WITA. Warga dari sejumlah desa ini sengaja datang lebih awal agar anak-anak mereka bisa mendapatkan kesempatan disunat gratis dalam urutan pertama. Warga tak hanya mengajak anak-anak mereka, tapi juga para tetangga untuk memanfaatkan kesempatan gratis ini.
 
Maklum, sejumlah warga mengaku anaknya terlambat disunat lantaran orang tua mereka selama ini kesulitan biaya. Tak heran jika bakti sosial ini dimanfaatakan warga kurang mampu untuk membawa anak-anak mereka ke puskesmas.
 
Belasan petugas kesehatan yang dilibatkan dalam kegiatan sosial ini tampak kewalahan menangani jumlah pasien yang membludak, sehingga tak mampu menangani jumlah peserta yang mendaftar. Sebagian peserta terpaksa ditolak panitia lantara petugas tak mampu menangani seluruhnya.(BJK/AYB)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.