Sukses

Banyak Jalur Evakuasi Bencana Merapi Rusak

Hampir seluruh jalur evakuasi bencana di sisi barat Gunung Merapi di wilayah Magelang, Jateng, rusak parah. Dikawatirkan kondisi tersebut menghambat proses evakuasi.

Liputan6.com, Magelang: Hampir seluruh jalur evakuasi bencana di sisi barat Gunung Merapi di wilayah Magelang, Jawa Tengah, rusak parah, Kamis (21/10). Dari pantauan SCTV, sebagian jalan berlubang, aspal mengelupas, dan banyak batu-batu di tengah jalan, sehingga berbahaya bagi penguna jalan. Tak hanya itu, jalur tersebut bisa menghambat transportasi evakuasi jika sewaktu-waktu warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Di jalur evakuasi dari Desa Krinjing hingga Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, misalnya, jalur sepanjang tujuh kilometer tersebut rusak parah. Semua jenis kendaraan harus ekstra hati-hati jika melintasi jalan tersebut, sebab jalur itu berada di daerah rawan bencana Merapi.

Pemerintah Kabupaten Magelang, khususnya Dinas Pekerjaan Umum, belum melakukan perbaikan. Menurut Kepala Desa Mangunsuko Haryadi, rusaknya jalan di sejumlah jalur evakuasi tersebut akibat sering dilewati truk bermuatan berat, terutama pengangkut pasir.

Di kawasan lereng Merapi sisi barat sendiri terdapat sedikitnya 10 jalur evakuasi, yang juga menjadi jalur penghubung Kota Magelang dengan desa-desa di lereng Merapi.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini