Sukses

Banjir Rendam Jalan Penghubung Pati-Grobogan

Curah hujan yang masih tinggi mengakibatkan beberapa daerah di Tanah Air tergenang banjir. Di Pati, Jawa Tengah, misalnya. Di kawasan ini, banjir merendam jalan protokol yang menghubungkan Kabupaten Pati dan Grobogan.

Liputan6.com, Pati: Curah hujan yang masih tinggi mengakibatkan beberapa daerah di Tanah Air tergenang banjir, Senin (18/10). Di Pati, Jawa Tengah, misalnya. Di kawasan ini, banjir merendam ruas jalan protokol yang menghubungkan Kabupaten Pati dan Grobogan sehingga menyebabkan arus lalu lintas terganggu.

Bukan cuma itu, sejumlah rumah serta sekolah juga ikut terendam. Bahkan, beberapa sekolah diliburkan karena tergenang banjir. Selain sungai yang sempit,
maraknya penambangan liar juga menyebabkan sejumlah wilayah di Kecamatan Kayen menjadi langganan banjir setiap musim hujan tiba.

Situasi serupa juga terjadi di Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Sebuah ruas jalan di pasar terputus akibat longsor. Akibatnya, pedagang merugi karena kendaraan pengangkut barang dagangan tidak dapat lewat. Terlebih, tak ada jalan alternatif menuju pasar tersebut.

Di Sukabumi, Jabar, puluhan rumah di Kampung Situ Awi, Keluruhan Karangtengah, Kecamatan Gunung Puyuh, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciseupan. Di beberapa titik ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

Banjir terjadi setelah Kota Sukabumi diguyur hujan deras beberapa lama. Sekarang setiap kali hujan besar wilayah ini selalu dilanda banjir.

Warga menduga salah satu penyebab banjir adalah sebuah tanggul yang dibuat oleh perumnas setempat. Warga berharap pemerintah daerah setempat melakukan langkah-langkah perbaikan agar kawasan ini kembali bebas banjir.(ASW/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.