Sukses

Pengungsi di Manokwari Butuh Uang

Korban banjir bandang Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat telah menghuni di tenda pengungsian sekitar dua pekan. Mereka mulai mengeluhkan bantuan, terutama soal uang.

Liputan6, Manokwari: Korban banjir bandang Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat telah menghuni di tenda pengungsian sekitar dua pekan. Mereka mulai mengeluhkan bantuan, terutama soal uang.

"Kalau bahan bantuan makanan kami cukup, tapi kami sekarang membutuhkan uang," kata Gunawan, seorang pengungsi di Lapangan Kodim, Manokwari, Sabtu (16/10).

Pernyataan Gunawan tersebut diamini puluhan pengungsi lainnya. Menurut Gunawan, dengan bantuan uang itu mereka bisa gunakan untuk modal usaha dan kembali ke kampung halaman. "Kita tidak bisa apa-apa di sini karena tidak ada uang," ujar pengungsi asal Bojonegoro, Jawa Timur itu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungannya ke Wasior pada Kamis lalu mengatakan, pemerintah akan menyediakan bantuan angkutan dan logistik bagi korban yang ingin kembali ke daerah asalnya. Namun, Gunawan mengeluhkan karena bantuan angkutan hanya sampai pelabuhan. "Sementara selama perjalanan kita tidak mendapat bantuan uang," imbuhnya.

Gunawan menambahkan, dirinya mendegar pemerintah memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 4 juta per kepala keluarga. "Namun kami (pengungsi) belum menenerimanya," tandasnya.(BOG/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini