Sukses

Tolak Konvensi WHO, Ribuan Petani Demo

Menolak hasil konvensi WHO, ribuan petani tembakau seluruh Jawa Timur berunjuk rasa didepan kantor Gubenur di jalan Pahlawan Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya: Ribuan petani tembakau dan cengkeh dari berbagai wilayah di Jawa Timur berunjuk rasa di depan kantor gubernur di Jalan Pahlawan, Surabaya, Rabu (29/9). Para petani ini memulai aksinya dengan berjalan kaki dari Tugu Pahlawan menuju kantor gubernur sambil membawa atribut petani dan membawa daun tembakau kering hasil panen.

Dalam orasinya, mereka menolak kerangka kerja pengendalian tembakau atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) oleh World Health Organization (WHO). Isinya antara lain mengatur mengenai larangan penggunaan bahan tembakau dan cengkeh. Mereka menuntut agar pemerintah tidak menyetujui hasil konvensi WHO tersebut.

Mereka khawatir jika disetujui, maka para petani tembakau dan cengkeh akan menderita serta industri rokok kretek di Indonesia berpotensi untuk gulung tikar. Aksi ribuan petani ini sempat membuat macet arus lalu lintas di sekitar Jalan Pahlawan dan Kebonrojo Surabaya. Kendati demikian, aksi tersebut berjalan lancar tanpa kericuhan.(CHR/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini