Sukses

Status Waspada, Warga Tetap Menambang Pasir

Meski status waspada, warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi tetap beraktivitas seperti biasa. Puluhan truk pasir juga terlihat melintas di salah satu sungai.

Liputan6.com, Klaten: Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari aktif normal menjadi waspada. Tapi pantauan SCTV, Senin (27/9), ratusan penambang pasir di Alur Kali Woro Klaten, Jawa Tengah, masih beraktivitas seperti biasa. Puluhan truk pasir juga terlihat melintas di salah satu sungai.

Sejumlah penambang pasir mengaku, tetap beraktivitas karena butuh uang buat kebutuhan sehari-hari. Sebab tak ada profesi lain selain menambang pasir. Namun tetap mereka mewaspadai sekitar mereka. Jika cuaca mendung, mereka segera berkemas pulang.

Warga di lereng Gunung Merapi menyatakan aktivitas gunung masih biasa saja. Mereka menilai belum terlihat adanya lava keluar. Kendati ada material yang jatuh dan sempat menimbulkan suara gemuruh, namun material itu merupakan material letusan lama yang jatuh akibat terkena guyuran hujan [baca: Puluhan Gempa Terjadi di Merapi].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini