Sukses

Ditemukan Kerangka Manusia Prasejarah di Aceh Tengah

Kawasan Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, dianggap pernah dihuni manusia zaman prasejarah. Ini berdasarkan penemuan terbaru kerangka manusia di Ujung Karang Kebayakan.

Liputan6.com, Takengon: Kawasan Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam, dianggap pernah dihuni manusia zaman prasejarah. Ini berdasarkan penemuan terbaru kerangka manusia di Ujung Karang Kebayakan. "Salah satu temuan terbaru adalah kerangka manusia di Ujung Karang Kebayakan yang merupakan titik penggalian baru setelah ceruk Mendale," kata Ketut, peneliti senior Balai Arkeologi (BALAR) Medan, Sumatra Utara, Ahad (26/9).

Menurut Ketut, temuan kerangka manusia di Ujung Karang dalam kondisi terlipat. Saat ini belum dapat dipastikan umurnya karena masih dalam proses penggalian. Ketut bersama enam arkeolog lain sedang menelitinya. "Mungkin hari Selasa mendatang semua bagian kerangka manusia tersebut akan dapat dilihat secara utuh," jelas Ketut.

Menurut para peneliti arkelolog, guna mengetahui umur, semua temuan di seputaran Mendale, diperlukan analisa karbon di Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN). Selain itu banyak ceruk di Mendale yang kini sedang digali (eksavasi) ditemukan beberapa kepingan budaya masa lalu, seperti tulang, gerabah, molusca bahkan tulang manusia dan kerangka.

Penemuan ini menambah daftar kerangka manusia yang ditemukan Balar Medan di dua lokasi berbeda. Yaitu di kawasan Ceruk Mendale dan Ceruk Ujung Karang. "Semakin menarik temuan di Aceh Tengah. Semoga dapat membuka tabir sejarah masa lalu dari temuan sisa-sisa atau sampah masa lalu," sebut Lucas Partanda Koestoro peneliti senior BALAR.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini