Sukses

Bandung Genap Dua Abad

Peringatan ulang tahun Kota Bandung ke-200, Sabtu (25/9) , ditandai upacara khusus yang dihadiri Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda, unsur Muspida, pejabat publik, tokoh masyakarat dan tamu asing di halaman Plasa Balai Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung: Peringatan ulang tahun Kota Bandung ke-200, Sabtu (25/9), ditandai upacara khusus yang dihadiri Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda, unsur Muspida, pejabat publik, tokoh masyakarat dan tamu asing di halaman Plasa Balai Kota Bandung.

Camat Lengkong Lucy Susilayani mengawali upacara peringatan dengan membacakan sejarah Kota Bandung mulai Bupati ke-10, kolonial Belanda hingga masa kepemimpinan sekarang, Dada Rosada, sementara Ayi Vivananda bertindak sebagai pembina upacara. Seluruh pegawai di lingkungan Pemkot dan SKPD dan peserta upacara, tampak memakai pakaian adat.

Ayi mengatakan, cikal bakal Bandung hingga berusia 200 tahun tak lepas dari pemikiran cerdas Wiranatakusumah 2 untuk mengonsep Bandung ke pusat kota, sehingga kini menjelma sebagai kota dengan perkembangan industri, bisnis dan berbagai magnet dan ciri khas yang disukai oleh para wisatawan luar.

"Momentum 200 tahun Kota Bandung harus menjadi titik tolak semangat dan kemajuan bersama untuk membangun semua sektor, pembangunan inferastuktur, perbaikan dan pelestarian berbasis lingkungan hidup," kata Ayi.

Seusai upacara khusus peringatan, rangkaian akan dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa di Gedung Merdeka, dilanjutkan pencanangan Gerakan Cikapundung Bersih (GCB) yang akan dimulai dari Curug Dago hingga aliran di samping Sasana Budaya Ganesha.

Tepat di hari jadi Bandung, Pemkot juga memberikan pelayanan gratis kesehatan di beberapa Puskesmas dan juga menggratiskan Trans Metro Bandung (TMB) mulai dari pukul 06 00 WIB pagi hingga 17 00 WIB.

Kemeriahan 200 tahun Kota Bandung akan terus bergulir hingga Oktober, di antaranya Bandung Blossom, Festival Balkot 200 yang diisi pagelaran seni budaya, festival kuliner, "ngabotram bareng" dan konser dua abad Kota Bandung.(ANT.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini