Sukses

Petani di Berbagai Daerah Unjuk Rasa

Ribuan petani dari berbagai daerah menggelar aksi demo dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional. Mereka menuntut pemerintah memperhatikan nasib para petani.

Liputan6.com, Medan: Ribuan petani dari berbagai kabupaten di Sumatra Utara melakukan longmarch menuju kantor Gubernur Sumut, Jumat (24/9). Aksi digelar bertepatan dengan peringatan Hari Tani Nasional ke-50.

Dalam aksinya, para petani mendesak pemerintah agar memerhatikan hak dan kesejahteraan mereka. Massa juga menuntut polisi menghentikan kekerasan dan intimidasi terhadap petani yang memperjuangkan hak atas tanahnya.

Aksi serupa digelar di depan kantor Bupati Bulukumba, Sulawesi Selatan. Massa menuntut hak para petani agar dikembalikan. Misalnya, pengembalian tanah yang dikuasai perusahaan kelapa sawit. Ratusan petugas disiagakan untuk mengantisipasi kericuhan.

Sementara unjuk rasa mahasiswa dan petani di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, diwarnai kericuhan. Ini terjadi ketika petugas berupaya menyingkirkan ban bekas yang dibakar pendemo. Mereka mendesak pemerintah setempat agar bersikap transparan dalam penyaluran dana program Gernas Kakao.

Menurut para petani, dana miliaran rupiah dari pemerintah hanya bisa dinikmati segelintir petani. Itu pun jika si petani berkolusi dengan pejabat. Selain itu, mekanisme pendistribusian pupuk dan penjualan gabah pun cenderung merugikan petani.(OMI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini