Sukses

Ribuan Hektar Lahan Tembakau Terancam Gagal Panen

Akibat cuaca tidak menentu dalam beberapa bulan belakangan, para petani tembakau di Kabupaten Sleman, DIY dipastikan gagal panen hingga seratus persen. Para petani tembakau rugi hingga miliaran rupiah.

Liputan6.com, Sleman: Akibat cuaca tidak menentu dalam beberapa bulan belakangan, para petani tembakau di Kabupaten Sleman, DIY dipastikan gagal panen hingga seratus persen. Di seluruh Kabupaten Sleman terdapat 1.300 hektar lahan pertanian tembakau yang rusak dan gagal panen. Kerugian ditaksir hingga miliaran rupiah.

Kondisi ini jelas merugikan petani, sebab saat akan memasuki musim tanam beberapa bulan silam, para petani telah mengeluarkan biaya untuk beli bibit dan pupuk dalam jumlah yang besar.

Sebagai contoh, untuk satu hektar lahan tembakau para petani harus mengeluarkan sedikitnya Rp 25 juta untuk modal pembelian bibit, pupuk, serta operasional lainnya. Namun akibat gagal panen, dana sebesar itu belum tentu kembali setengahnya kendati tanaman tembakaunya habis terjual. Padahal dalam kondisi panen, setiap petani dapat memperoleh keuntungan hingga lebih Rp 100 juta untuk satu hektar lahan.(BJK/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.