Sukses

Persediaan Darah PMI Sleman Kosong

Pascalebaran, persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman, Yogyakarta, kosong.

Liputan6.com, Sleman: Persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman, Yogyakarta, habis. Hal ini sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu,
hingga hari ini, Ahad (19/9).

Selain tidak adanya pendonor sejak bulan Ramadan lalu, kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah dinilai menjadi penyebab.Dalam satu bulan, kurang dari 200 pendonor yang rela menyumbangkan darahnya. Bahkan, pada bulan puasa kemarin jumlah pendonor turun drastis. Hal tersebut diduga diakibatkan kondisi fisik para pendonor yang lemah karena tengah menjalankana ibadah puasa.

Saat ini, Sleman membutuhkan lebih dari tiga ratus kantung darah dalam sebulan. Namun pihak PMI setempat hanya bisa menunggu kesadaran dari masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya tiap tiga bulan. Pihak PMI menyarankan, bagi pasien yang membutuhkan darah sebaiknya membawa pendonor sendiri.(IDS/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.