Sukses

Kapal Tongkang Tabrak Pemukiman Warga

Sebuah kapal tongkang angkutan batu bara menabrak rumah penduduk. Sedikitnya 10 rumah yang berada di bantaran Sungai Barito, Alalak Berangas, Banjarmasin Utara hancur.

Liputan6.com, Banjarmasin: Sebuah kapal tongkang angkutan batu bara menabrak rumah penduduk. Sedikitnya 10 rumah yang berada di bantaran Sungai Barito, Alalak Berangas, Banjarmasin Utara hancur. Selain itu sejumlah warga mengalami luka akibat tertimpa bangunan rumah yang roboh. Namun sejumlah warga yang terluka telah dibawa ke puskesmas terdekat.

Peristiwa itu terjadi pada Ahad (19/9) pukul 04.30 Wita saat warga masih tertidur pulas. Sementara arus lalu lintas di Sungai Barito sudah mulai disibukkan hilir mudiknya kapal. Tanpa disadari sebuah kapal tongkang yang ditarik kapal tugboad atau kapal tunda kehilangan kendali. Akibatnya kapal tongkang asal Samarinda yang ditarik menuju Tanjung Putting Klanis, Kalimantan Tengah menabrak pemukiman penduduk. Hantaman tersebut membuat warga kaget dan panik.

Selain itu, sebuah SPBU terapung dan puluhan perahu motor hancur dalam musibah itu. Nakhoda kapal tugboad yang menarik kapal tongkang diduga sedang mengantuk. Saat dikonfirmasi, nakhoda kapal, Rony, mengaku cuaca saat itu sedang berkabut.

Sementara, kapal tugboad dan tongkang kini disandera warga. Mereka tidak akan melepaskan kapal-kapal tersebut sebelum pihak perusahaan mengganti rugi.

Nakhoda tugboad dan perusahaan pelayaran berjanji akan bertanggung jawab atas musibah itu. Mereka akan membayar ganti rugi.

Kasus ini pun telah ditangani Satpol Air Polda Kalsel dengan meminta keterangan sejumlah ABK dan nakhoda kapal. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini