Sukses

Kapal Berangkat Lebih Awal, Ratusan Penumpang Telantar

Menjelang berakhirnya masa liburan, arus balik masih berlangsung ramai. Di Pelabuhan Parepare, Sulsel misalnya, kapal diberangkatkan lebih awal sehingga ratusan orang tertinggal.

Liputan6.com, Parepare: Menjelang berakhirnya masa liburan, kegiatan arus balik masih berlangsung ramai. Hal itu seperti terjadi di Pelabuhan Parepare, Sulawesi Selatan. Dari pantauan SCTV, Sabtu (18/9), ratusan penumpang tertinggal di pelabuhan lantaran kapal berangkat dua jam lebih awal dari jadwal tiket tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kapal tersebut adalah Soya Queen dan hendak menuju Samarinda, Kalimantan Timur.

Menanggapi hal tersebut, petugas administrasi pelabuhan beralasan pemberangkatan lebih awal karena kapasitas muat penumpang di kapal sudah maksimal yakni 1.700 penumpang.

Sementara itu di Stasiun Jatinegara, Jakarta, para pemudik yang tiba terlihat kian ramai. Diperkirakan hingga Sabtu malam, jumlah penumpang mencapai 11 ribu orang. Sedangkan puncak arus balik di Stasiun Jatinegara sendiri diduga terjadi pada Ahad (19/9).

Kereta yang tiba mengalami keterlambatan hingga sepuluh menit per stasiun. Hal ini terjadi karena para penumpang membawa barang banyak. Sementara para pemudik yang melintasi jalur Pantai Utara di wilayah Rembang, Jawa Tengah, terjebak macet. Hal itu karena ratusan kendaraan berada di satu lokasi pada saat bersamaan.

Macet bertambah lantaran adanya arak-arakan sedekah laut syawalan yang sudah menjadi tradisi khas masyarakat pesisir dan digelar tiap tahunnya.(BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.