Sukses

Pemudik Tertahan di Pelabuhan Merak

Ribuan pemudik tujuan pulau Sumatra tertahan di Pelabuhan Merak, Banten.

Liputan6.com, Merak: Ribuan pemudik tujuan Pulau Sumatra tertahan di Pelabuhan Merak, Banten, sejak Senin (6/8) malam hingga Selasa (7/9) dini hari. Berdasarkan pantauan SCTV, ribuan unit kendaraan roda empat itu tertahan di lima kantong parkir Pelabuhan Merak.

Hingga pukul 12.00 WIB malam dan memasuki H-3 lebaran, lebih dari tujuh ribu unit kendaraan tujuan Pulau Sumatra masuk ke pelabuhan. Jumlah itu naik 30 persen dibandingkan hari sebelumnya dan diperkirakan bakal terus mengalami peningkatan.

Ribuan kendaraan roda dua pun terus memadati Pelabuhan Merak. Tercatat, peningkatan jumlah kendaraan pada H-4 mencapai empat kali lipat dibanding hari biasa.

Selain kendaraan, ribuan pemudik juga sempat tertahan dan berdesakan saat hendak masuk ke Kapal Roro. Akibat kondisi kapal yang penuh dan pengap, sebagian penumpang terpaksa duduk di selasar kapal.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Bambang Bhakti meminta pemudik melakukan perjalanan di siang hari, karena jumlah kendaraan lebih sedikit. Selain itu, perjalanan di siang hari juga dinilai lebih aman karena ketinggian gelompang pun terbilang normal.

Sementara itu, arus penumpang di Terminal Bus Ubung, Denpasar, mengalami lonjakan. Terminal yang biasanya sepi penumpang itu mulai dipenuhi ribuan pemudik dan ratusan bus antarprovinsi.(MRQ/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini