Sukses

Sinabung Diprediksi Masih Akan Meletus

Hingga kini masih terjadi gempa vulkanik dalam skala kecil di Gunung Sinabung. Magma yang berada di dalam gunung diprediksi akan keluar sewaktu-waktu.

Liputan6.com, Tanah Karo: Gunung Sinabung yang terletak di Tanah Karo, Sumatra Utara, diprediksi masih akan meletus. Soalnya hingga kini masih terjadi gempa vulkanik dalam skala kecil. Demikian penjelasan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, baru-baru ini.

Menurut Surono, Jumat kemarin terjadi dua kali letusan di Sinabung. Dia meyakini gunung yang telah empat kali meletus itu masih menyimpan magma yang sewaktu-waktu harus dikeluarkan.

Sementara itu, belum turunnya status awas Gunung Sinabung membuat warga kembali mendatangi lokasi pengungsian. Sayangnya, 25 posko yang ada mulai semakin kumuh, seperti di Jambur Taras, Brastagi, sehingga mengganggu pemandangan. Kotornya lokasi pengungsian membuat pengungsi tidak nyaman [baca: Puluhan Pengungsi Sinabung Sakit]

Bencana Gunung Sinabung juga membuat lokasi wisata di Brastagi, seperti di Gundaling, terlihat sepi. Tak hanya itu, gedung sekolah juga sepi karena banyak anak yang tidak bisa berangkat ke sekolah.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini