Sukses

Penerbangan ke Empat Bandara Dihentikan

Gunung Sinabung di Karo, Sumut, mengeluarkan lava setinggi 20 ribu kaki. Angkasa Pura II menghentikan penerbangan ke empat bandara di Sumut.

Liputan6.com, Medan: Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia di Medan, Sumatra Utara, terpaksa menghentikan penerbangan ke empat bandara di Sumatra Utara, terhitung Senin (30/8). Hal ini dilakukan menyusul kembali meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

General Managet PT Angkasa Pura II Polonia Bram Bharoto Tjiptadi mengatakan, ke empat bandara yang dimaksud adalah Bandar Silangit (Tapanuli Utara), Bandara Pinang Sori (Tapanuli Tengah), Bandara Aek Godang (Tapanuli Selatan), dan Bandara Binaka (Nias). Debu vulkanik tebal dikhawatirkan akan membahayakan maskapai bila penerbangan tetap dilakukan.

Bram menambahkan, kebijakan diambil setelah Gunung Sinabung menyemburkan lava setinggi 20 ribu kaki. Ini bakal menyulitkan pilot jika pesawat melintasi kawasan gunung yang menjadi rute lintasan ke empat bandara di atas.

Penghentian penerbangan domestik membuat terjadi penumpukan penumpang di Bandara Polonia. Terlebih Angkasa Pura II mengeluarkan kebijakan secara mendadak. Empat maskapai yang melayani rute tersebut, yakni Merpati, Susi Air, dan Wings juga langsung menutup loket tiket.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini