Sukses

Hujan Mengguyur, Pembangkit Listrik Diterjang Longsor

Tanah longsor akibat hujan deras membuat pembangkit listrik tenaga minihidro Winning, Kabupaten Buton, Sultra terisolasi. Akibatnya, pasokan listrik untuk enam desa setempat putus dan mesin PLTM rusak.

Liputan6.com, Buton: Bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Kamis (19/8) sore. Peristiwa tersebut terjadi karena hujan deras mengguyur kawasan itu selama dua hari dua malam dan mengakibatkan tebing tanah sepanjang tiga kilometer menuju Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) longsor di 20 tempat.

Keadaan tersebut membuat akses menuju PLTM terputus dan luapan air Sungai Winning meluap akibat banjir. Mesin PLTM pun terendam banjir dan merusak alat pembangkit. Akibatnya, dari pantauan SCTV, Jumat (20/8), listrik di enam desa di Kecamatan Pasar Waju terputus.

Padahal PLTM tersebut adalah satu-satunya pembangkit listrik yang digunakan masyarakat di Kecamatan Pasar Wajo. Petugas dan karyawan kantor PLTM juga tidak bisa berbuat banyak. Kini mereka hanya bisa membersihkan balutan lumpur yang menutupi badan mesin.

Menurut petugas PLTM Winning, Abidin, longsor terjadi setelah hujan mengguyur dua hari berturut-turut. Tak hanya memutuskan aliran listrik, akses jalan menuju PLTM Winning juga putus. Hingga kini, mesin pembangkit listrik belum bisa difungsikan, masyarakat berharap pemerintah segera turun tangan dan menyelesaikan permasalahan akibat bencana banjir dan longsor tersebut.(BJK/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini