Sukses

Usai Kebakaran, Pipa Bocor Belum Diperbaiki

Kobaran api dari pipa bocor Pertamina di Kacamatan Sematang, Borang, Palembang, telah berhasil dipadamkan. Namun hingga kini PT Pertamina belum memperbaiki pipa yang bocor itu.

Liputan6.com, Palembang: Kobaran api dari pipa bocor Pertamina di Kacamatan Sematang, Borang, Palembang, telah berhasil dipadamkan. Namun hingga kini PT Pertamina belum memperbaiki pipa yang bocor itu. Akibatnya, minyak mentah masih mengalir dan mencemari rawa dan sawah warga.

Berdasarkan pantauan, Pertamina masih membiarkan minyak mentah mengalir karena mitranya, PT Elnusa, yang bertanggung jawab terhadap pipa tersebut masih menunggu peralatan dan pipa. Kini peralatan yang dibutuhkan masih dalam perjalanan.

Pipa yang akan diperbaiki bukan saja yang bocor, tetapi ada 2 pipa yang ikut terbakar. Masing-masing akan diganti 50 meter. "Kita akan perbaiki, ganti klaim dan ditinggikan supaya tidak bocor lagi," kata Supervisor PT Elnusa, Makmun, Sabtu (14/8).

Jumlah minyak yang terbakar mencapai 5 barel dengan kerugian puluhan juta. Namun Pertamina mengaku minyaknya ini dari pipa idle yang bocor, yang menyalurkan minyak dari Mangunjaya Keluang, areal minyak Tempino ke kilang minyak Plaju Palembang.

Akibat perbaikan belum dilakukan, minyak mentah masih terus keluar dan mencemari sawah. Warga meminta perbaikan dan pemulihan rawa dan sawah yang tercemar segera dilakukan. [baca: PIPA PERTAMINA DI PALEMBANG TERBAKAR]

Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan liter minyak mentah dari pipa tua Pertamina yang bocor terbakar. Saksi mata mengatakan, tumpahan minyak yang terbakar terjadi sejak pukul 06.00 WIB, Jumat (13/8). Diduga kebakaran berasal dari pipa tua yang bocor tapi tidak diperbaiki Pertamina. (MEL)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.