Sukses

Pengemis di Samarinda Berpenghasilan Rp 1,8 Juta/Hari

Para pengemis di Samarinda mengaku memperoleh pendapatan secara variatif. Namun, paling besar mereka bisa memperoleh Rp 1,8 juta dalam sehari beroperasi.

Liputan6.com, Samarinda: Boleh percaya, boleh juga tidak. Penghasilan pengemis di Samarinda, Kalimantan Tengah, ternyata bisa mencapai Rp 1,8 juta dalam sehari. Hal ini terungkap ketika 20 pengemis ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Samarinda, baru-baru ini.

Menurut Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Kesejahteraan Sosial Samarinda Suriansyah, para pengemis ditangkap di sejumlah tempat dalam sebuah razia yang digelar bersama personel Poltabes Samarinda. Dari 20 orang, 18 di antaranya berasal dari Sumenep, Madura. Sisanya dari Bondowoso, Jawa Timur.

Di depan petugas, para pengemis mengaku memperoleh pendapatan secara variatif. Namun, paling besar mereka bisa memperoleh Rp 1,8 juta dalam sehari beroperasi.

Setelah ditangkap, para pengemis sempat diinapkan di Panti Jompo Tresna Wredha Nirwana Puri di Jalan Mayjen Sutoyo, Samarinda Utara. Kemudian mereka dipulangkan ke Surabaya menggunakan KM Binaiya dari Pelabuhan Samarinda, Kamis malam.

Seluruh biaya pemulangan pengemis, termasuk ongkos tiket KM Binaiya, ditanggung Dinsos Pemkot Samarinda. Mereka juga sudah berkoordinasi dengan Dinsos Jatim untuk menjemput pengemis di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini