Sukses

Tambang Emas Rakyat Kembali Roboh

Tambang emas rakyat di Olat Labaong, Dusun Hijrah, Kecamatan Lape, Sumbawa Besar, dikabarkan kembali roboh. Lebih dari tujuh penambang emas diduga tertimbun.

Liputan6.com, Sumbawa: Tambang emas rakyat yang berada di Bukit Olat Labaong, Dusun Hijrah, Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa Besar, pada Kamis (12/8) siang dilaporkan roboh karena terkena longsor.

Kali ini longsor terjadi di Lubang Luna Maya yang sebelumnya tidak pernah longsor. Berdasarkan keterangan warga, longsor siang ini terjadi sebanyak tiga kali. Sejak pukul 11.00 WITA, diduga sebanyak tujuh penambang tertimbun longsor.

Meski begitu, dari pantauan SCTV pada Kamis (12/8) sore, lokasi tambang belum bisa dimasuki lantaran dijaga ketat warga yang menamakan diri Panitia. Alhasil, kepastian mengenai jumlah korban jiwa serta kondisi lubang belum bisa diketahui pasti. Menurut warga, di lokasi tambang emas rakyat ini terdapat lima lubang utama yang dianggap  paling banyak mengandung emas yakni Lubang Luna Maya, Lubang Setan, Lubang Panitia, Lubang Surga, dan Lubang Tikus.

Dari kelima lubang tersebut, di Lubang Setan dan Lubang Tikus sering terjadi longsor dan roboh [baca: Tambang Emas Roboh 10 Orang Tertimbun]. Menurut salah seorang penambang, Gufran, kejadian tertimbunnya para penambang kerap terjadi. Namun, jika terjadi longsor, tak satu penambang pun bersedia memberi keterangan atau terlebih menggali longsoran. Karena itulah, jumlah korban tak diketahui secara pasti.(BJK/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini