Sukses

Berburu Menu Buka di Museum Probolinggo

Puluhan pedagang menjajakan makanan buka puasa di Gedung Graha Bina Harja Probolinggo. Makanan di antaranya brownies, rujak cingur, dan kue lumpur.

Liputan6.com, Probolinggo: Buka puasa identik dengan makanan yang manis-manis. Hampir di semua daerah, setiap menjelang waktu berbuka puasa banyak pedagang yang menjajakan menu untuk takjil atau berbuka di antaranya kolak, es buah, es kelapa muda, dan juga kurma.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur. Pemda mengumpulkan pedagang yang menjual menu untuk berbuka puasa di sekitar Gedung Graha Bina Harja. Para pedagang diberi fasilitas berupa tenda. Pedagang buka dari pukul 15.00 hingga 20.00 WIB.

Tradisi ini merupakan acara rutin Pemkot Probolinggo saat Ramadan. Bazar dibuka selama 30 hari full. Pedagang menjual menu antara lain brownies, rujak cingur, kue lumpur, dan aneka minuman. Tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung yang mencari makanan untuk berbuka.

Ada tradisi lain saat Ramadan yakni melepas santri atau imtihan. Para santri dilepas pihak pesantren untuk pulang ke kampung halamannya. Mereka kembali lagi ke pondok setelah Lebaran. Sekitar 2600 santri Pondok Raudlatul Malkiyah Probolinggo yang pulang kampung.

Dengan tradisi ini diharapkan para santri dapat mensyiarkan ilmu yang didapat di pondok pesantren kepada orang-orang di kampungnya. Liburan ini juga supaya mereka lebih kyusuk menjalankan ibadah puasa bersama keluarga dan kembali lagi dalam kondisi yang segar.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.