Sukses

Warga Gresik Tolak Eksplorasi Gas

Ratusan warga Perumahan Gresik Kota Baru, Kabupaten Gresik, Jatim, berdemo menolak eksplorasi sumur migas. Dalam aksinya warga mengelar aksi tanda tangan menolak proyek eksplorasi tersebut.

Liputan6.com, Gresik: Ratusan warga Perumahan Gresik Kota Baru, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, berunjuk rasa, Ahad (18/7). Mereka menolak eksplorasi sumur gas yang akan dilakukan Job Pertamina Petrochina East Java. Aksi penolakan itu dilakukan karena mereka khawatir akan keamanan dan keselamatan warga.

Lokasi eksplorasi Lengowangi I North East yang berlokasi di perbukitan kapur hanya berjarak sekitar lima ratus meter dari permukiman warga. Mereka meminta pihak Job Pertamina Petrochina East Java melakukan kesepakatan dengan warga terkait jaminan keamanan dan keselamatan warga. Pertamina juga diminta melakukan sosialisasi dampak lingkungan sebelum melakukan eksplorasi.

Terkait aksi penolakan warga, pihak Job Pertamina East Java berjanji akan melakukan perundingan dan sosialisasi dengan warga. Terutama soal kekhawatiran akan dampak lingkungan dan keselamatan jiwa yang ditimbulkan akibat adanya kegiatan ekplorasi.

Saat ini pihak Job Pertamina Petrochina East Java telah melakukan aktivitas persiapan dan perataan tanah di lokasi pengeboran Lengowangi yang menempati lahan tanah kas desa seluas hampir tiga ribu hektare.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.