Sukses

Warga Jambi Bakar Ratusan Pohon Akasia

Merasa lahannya dicaplok perusahaan, warga Desa Sekumbung, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, mengamuk dan menebang ratusan pohon akasia.

Liputan6.com, Sengeti: Ratusan warga Desa Sekumbung, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Rabu (14/7), menebangi pohon akasia di lahan hutan tanaman industri milik PT Wirakarya Sakti. Mereka kesal dan mengamuk karena merasa lahannya dicaplok.

Selain menebang ratusan pohon akasia berumur sekitar lima tahun, warga yang marah juga membakar lahan gambut tersebut. Kepala Desa Sekumbung Jangcing menyebut aksi ini sudah tidak terbendung lantaran sengketa lahan sejak 2003 tak kunjung selesai.

Para pendemo memberi tenggat 14 hari kepada manajemen PT Wirakarya Sakti untuk menyelesaikan masalah tersebut ke tingkat Kementerian Kehutanan. Bila tidak, warga akan membakar seluruh wilayah sengketa.

Sementara itu, pihak perusahaan menyatakan seluruh persyaratan dan prosedur serta kelengkapan administrasi sudah lengkap. Mereka siap berunding jika ada warga yang mengklaim lahan tersebut milik mereka.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.