Sukses

DPRD: Sebaiknya Masyarakat Diizinkan Menggunakan Tabung

Sekretaris Komisi II DPRD Kepri Rudy Chua menyatakan sebaiknya masyarakat diizinkan menggunakan tabung gas dari Singapura dan Malaysia. Sebab wilayah itu berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.

Liputan6.com, Tanjungpinang: Pertamina menegakkan hukum terhadap perusahaan yang menyuntik gas ke tabung yang berasal dari Singapura dan Malaysia. Sekretaris Komisi II DPRD Kepulauan Riau Rudy Chua menyambut positif peraturan itu. Namun ia mengimbau peraturan itu harus mempertimbangkan kondisi masyarakat.

Rudy menyatakan sebaiknya masyarakat di wilayah tersebut diizinkan menggunakan tabung gas dari Singapura dan Malaysia. Sebab wilayah Riau berbatasan dengan kedua negara itu. Kebijakan itu, tambah Rudy, sebaiknya tidak dilakukan secara serta merta. Dengan begitu tidak menimbulkan kerugian bagi sebagian masyarakat yang sudah lama memakai tabung gas dari Singapura dan Malaysia.

Dengan aturan ini warga membeli tabung gas Pertamina, karena tabung gas yang dimiliki saat ini tak dapat digunakan. Sementara harga tabung gas Pertamina lebih mahal dibanding tabung gas asal Singapura dan Malaysia.

Karena itu Rudy mengimbau Pertamina memperhatikan permasalahan yang dialami masyarakat Kepri. Dia menyarankan agar Pertamina mengizinkan pedagang gas untuk mengisi gas ke tabung asal Singapura dan Malaysia dalam batas waktu tertentu. Pemerintah juga dapat mengeluarkan larangan impor tabung gas bekas maupun baru dari Singapura dan Malaysia.

"Seharusnya kebijakan itu diterapkan dari dulu, bukan sekarang. Karena masyarakat sudah terlanjur menggunakan tabung gas yang berasal dari kedua negara yang bertetangga dengan Kepri," ucap Rudy yang juga Dewan Kehormatan Apindo Kepri.(AIS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini