Sukses

Korban Gempa yang Kembali Jadi Korban

Belum lagi selesai memperbaiki rumah dari gempa bumi September tahun lalu, gempa yang melanda Ciamis, Jawa Barat, Sabtu kemarin, kembali menyengsarakan warga.

Liputan6.com, Ciamis: Belum lagi selesai memperbaiki rumah dari gempa bumi September tahun lalu [baca: Penyaluran Bantuan di Ciamis Tak Merata], gempa yang melanda melanda Sabtu kemarin, kembali menyengsarakan warga. Kerusakan rumah warga pun makin parah, dan tercatat ada tujuh rumah yang rusak total, Ahad (27/6).

Rumah milik Yati, warga Sakahurip, Cihaurbeuti, Ciamis, misalnya. Dinding bagian belakang rumah yang baru dibangunnya ambrol, dan sejumlah bagian lainnya retak terbelah. Untuk mencegah kondisi yang lebih parah, atap rumah terpaksa di topang dengan bambu. "Saya sangat takut dengan kejadian kemarin, apalagi saya baru pulang dari rumah sakit," kata Yati.

Warga yang merupakan korban gempa tahun 2009 dan tidak pernah mendapat bantuan ini, kini mengharapkan pertolongan pemerintah, karena sudah tidak lagi memiliki uang untuk membangun kembali rumahnya. Untuk menyelamatkan diri dari ancaman gempa susulan, puluhan warga terpaksa tinggal di rumah tetangga atau kerabatnya yang masih berdiri kokoh.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.