Sukses

Mata TKW Buta Disiksa Majikan

Tubuh Royah pernah disiram air panas. Dia juga pernah disetrika. Bahkan, mata kanan Royah pernah dipukuli dan ditusuk dengan tangan majikannya.

Liputan6.com, Karawang: Tenaga kerja wanita asal Indonesia kembali menjadi korban penganiayaan di negeri orang. Kali ini dialami Royah binti Usen, TKW asal Desa Cikalong Sari, Jati Sari, Karawang, Jawa Barat. Royah mengalami luka di bagian mata kanan serta luka di pipi kiri akibat disetrika oleh Marwah, majikannya di Arab Saudi.

Saat mendatangi Sekretariat Buruh Migran Pasundan di Karawang Timur, baru-baru ini, Royah menceritakan nasibnya. Sejak kerja di rumah pasangan Rebab dan Marwah di Jeddah, Arab Saudi, dirinya kerap disiksa tanpa alasan yang jelas.

Tubuh Royah pernah disiram air panas. Dia juga pernah disetrika. Bahkan, mata kanan Royah pernah dipukuli dan ditusuk dengan tangan majikannya. Akibat penyiksaan itu, mata kanan Royah buta permanen. Ini membuat dia hanya bisa melihat dengan mata kiri. Tak hanya disiksa, gaji Royah sebesar Rp 21,8 juta juga belum dibayar sepenuhnya.

Royah berencana berobat ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia berharap, PJTKI PT Bukit Mayak Sakti yang memberangkatkan dirinya mau membantu biaya pengobatan selama di rumah sakit.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.