Sukses

Kenaikan Tarif Listrik Picu Melonjaknya Harga Sembako

Harga sembako dan kebutuhan dapur lainnya di berbagai daerah terus meroket. Cabai merah, misalnya, yang naik hampir seratus persen hingga membuat pedagang dan pembeli sama-sama mengeluh.

Liputan6.com, Grobogan: Tarif dasar listrik baru atau TDL akan naik pada awal Juli mendatang. Kendati demikian, harga sembilan bahan kebutuhan pokok alias sembako dan kebutuhan dapur lainnya sudah merangkak naik di berbagai daerah. Di pasar tradisional Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, misalnya.

Di sana, semua jenis beras naik rata-rata Rp 500 per kilogram. Kemudian harga bawang putih naik dari Rp 12 ribu menjadi Rp 18 ribu rupiah per kilogram. Kenaikan paling drastis terjadi pada cabai. Semua jenis cabai melonjak menjadi Rp 20 ribu dan Rp 25 ribu per kilogram dari semula hanya Rp 5.000 per kilogram.

Sementara di Padang, Sumatra Barat, harga beras sudah naik sejak tiga hari silam. Beras mutu sedang naik Rp 200 menjadi Rp 6.000 per kilogram. Beras mutu tinggi menjadi Rp 8.000 per kilogram. Kenaikan harga juga terjadi di Pasar Tradisonal Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Harga jual beras naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram akibat langkahnya pasokan.

Di Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, harga cabai merah melonjak 100 persen dari semula Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 33 ribu per kilogram, dan cabai rawit dari Rp 10 ribu menjadi Rp 23 ribu per kilogram. Masyarakat mengaku kenaikan harga yang sudah hampir sebulan ini sangat memberatkan masyarakat.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.