Sukses

Elpiji Kian Mengkhawatirkan

Pihak kepolisian menggerebek pabrik penyuntikan gas di Bogor, Jawa Barat. Jumlah elpiji ilegal mencapai ribuan tabung dengan berbagai ukuran.

Liputan6.com, Bogor: Pabrik gas di PT Sari Murni atau Okky Gas di Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/6), digerebek polisi karena melakukan penyuntikan tabung elpiji sehingga isinya berkurang atau tidak sesuai dengan ukuran tabung. Pabrik yang sudah berjalan dua bulan ini menghasilkan ribuan tabung gas suntikan. Keuntungannya pun mencapai Rp 200 juta setiap bulan.

Ribuan tabung gas itu akhirnya disita polisi bersama empat truk, alat regulator, dan membawa sebelas pegawai pabrik ke kantor polisi. Pemilik perusahaan Okky, kabur dan saat ini masih diburu. Temuan polisi ini sangat mengkhawatirkan, terutama soal keamanan gas. Apalagi, belakangan semakin sering terjadi ledakan gas yang menimbulkan korban tewas.

Hasil uji dan survei Badan Standardisasi Nasional menunjukkan 66 persen tabung yang beredar tidak layak pakai. Sedangkan 50 persen kompor, 20 persen regulator, dan 100 persen selangnya tidak layak pakai.(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini