Sukses

Korban Penembakan OPM Diterbangkan ke Jakarta

Jasad Brigadir Satu (Briptu) Agus Suhendra, yang tewas tertembak di Kampung Yambi, Puncak Jaya, Papua, dipulangkan ke Jakarta.

Liputan6.com, Jayapura: Jasad Brigadir Satu (Briptu) Agus Suhendra, yang tewas tertembak di Kampung Yambi, Kecamatan Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, dipulangkan ke Jakarta, Selasa (15/6) petang. Kepulangan jenasah dilakukan dengan upacara penghormatan.

Upacara berlangsung di halaman Dinas Perhubungan Bandar Udara Jayapura. Bertindak sebagai inspektur upacara pelepasan jenasah adalah Komisaris Besar Polisi Setyadi Priyo yang mewakili Polda Papua. Setelah itu jenazah korban langsung dinaikkan ke pesawat menuju Bandar Udara Soekarno-Hatta dan diantar oleh Wakapolres Puncak Jaya Kompol Jefry.

Briptu Agus adalah salah satu dari tim Brimob Kedunghalang, Bogor, Jawa Barat, yang dikirim untuk mengamankan daerah Puncak Jaya. Almarhum menjadi korban keganasan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Senin kemarin [baca: Kelompok Bersenjata Beraksi di Puncak Jaya].

Aksi penembakan terhadap warga sipil maupun aparat keamanan kerap terjadi di wilayah Puncak Jaya. Dari data SCTV, sepanjang tahun ini sudah dua anggota Brimob yang tewas oleh kelompok separatis bersenjata. Aksi teror terus dilakukan oleh kelompok separatis sejak 2004. Namun hingga saat ini belum ada pelaku yang ditangkap. Salah satu faktor sulitnya menangkap pelaku adalah medan yang bergunung-gunung.(TES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini