Sukses

Puncak Tri Suci Waisak Malam Ini

Kendati cuaca di sekitar Candi Borobudur gerimis, umat Buddha tetap antusias mengikuti ritual Tri Suci Waisak. Masyarakat dan wisatawan turut hadir dalam acara tersebut.

Liputan6.com, Magelang: Ribuan pemeluk agama Buddha di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Jawa Tengah, bersiap menghadiri puncak Tri Suci Waisak 2554, Jumat (28/5) malam. Sejak sore, panitia Waisak sudah mensterilisasikan lokasi upacara agar puncak Tri Suci bisa berlangsung dengan khidmat.

Reporter SCTV Nova Rini melaporkan, setelah lokasi perayaan Waisak disterilisasikan, sejumlah biksu mulai memasuki altar utama Candi Borobudur untuk melakukan doa. Malam ini juga akan digelar ritual mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali atau proses puja bakti [baca: Detik-Detik Tri Suci Waisak di Borobudur]

Di tengah acara juga akan dilepas lampu lampion, sekaligus pertanda puncak peringatan Tri Suci Waisak 2524. Sedangkan doa dalam acara ini akan dipimpin oleh perwakilan Walubi.

Sementara itu, kendati cuaca di sekitar Candi Borobudur gerimis, umat Buddha tetap antusias mengikuti ritual. Bahkan, sejumlah masyarakat dan wisatawan tetap hadir, meski lokasi upacara keagamaan sudah dalam kondisi steril.

Sejumlah wisatawan mengaku sengaja datang untuk melihat peringatan Tri Suci Waisak yang kebetulan pada tahun ini digelar di Candi Borobudur. Terlebih saat ini bertepatan dengan libur panjang, sehingga mereka bisa datang dengan anggota keluarga yang lain.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini